Tutorial Versi Android



Sebelum kita mulai untuk belajar mengembangkan aplikasi berbasis Android dengan Android Studio ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal tentang Sistem Operasi Android.

Pengenalan OS (Operating System) Android
Di bulan Oktober 2018 kemarin OS Android Genap 10 tahun umurnya. Sistem operasi Android telah berkembang pesat dan menjadi sistem operasi terpopuler di dunia saat ini.

Android sendiri merupakan sistem operasi berbasis linux yang dikembangkan untuk perangkat mobile (smartphone, smart tv, dll). Andy Rubin adalah orang dibalik adanya android. Andy mendirikan Android.inc dan mengembangkan Operating System (OS) untuk perangkat mobile. Akhirnya pada tahun 2005 Google mengakuisis penuh Android.inc dengan nilai yang cukup fantastis.

Menurut we are social, saat ini OS Android  merupakan OS Mobile terpopuler di dunia dengan jumlah 71.6 % disusul IOS dan OS mobile lainnya pada tahun 2017. Di Indonesia sendiri pengguna Smartphone Android jumlahnya hampir 80 % ditahun 2017. Ini 

Seberapa Populer OS Android ?
Bukan tanpa alasan sistem operasi Android bisa menjadi OS mobile paling depan di dunia. Begini saja coba Tanya ke diri kita sendiri mengapa kita menggunakan smartphone Android ? Sudah ada jawabannya ? Mungkin fakta-fakta dibawah ini salah satunya.

Karena open source maka banyak sekali orang-orang yang mengembangkan aplikasi untuk smartphone Android
Perangkatnya beragam dari mulai yang low end (murah) sampai dengan high end (mahal)
Fiturnya lengkap. Siapa juga yang mau pake kalo fiturnya gak lengkap  🙂
Itu hanya beberapa dari banyaknya fakta tentang keunggulan Android yang membuatnya jadi Sistem Operasi Mobile paling populer di dunia.

Versi-Versi OS Android
Semua nama versi OS Android ini memang cukup unik. Dengan menggunakan nama makanan maka setiap pengguna akan dengan mudah bisa menghafalnya.

Selain menggunakan nama makanan, OS Android juga selalu dinamakan sesuai dengan urutan abjad (A – P)
Berikut ini adalah  beberapa versi OS Android dari yang lawas sampai dengan yang terbaru.

No Nama Versi Os Android
1. Android 1.0 (API level 1)
2. Android 1.1 (API level 2)
3. Android 1.5 Cupcake (API level 3)
4. Android 1.6 Donut (API level 4)
5. Android 2.0 Eclair (API level 5)
6. Android 2.0.1 Eclair (API level 6)
7. 8Android 2.1 Eclair (API level 7)
8. Android 2.3–2.3.2 Gingerbread (API level 9)
9. Android 2.3.3–2.3.7 Gingerbread (API level 10)
10. Android 3.0 Honeycomb (API level 11)
11. Android 4.0–4.0.2 Ice Cream Sandwich (API level 14)
12. Android 4.1 Jelly Bean (API level 16)
13. Android 4.4 KitKat (API level 19)
14. Android 5.0 Lollipop (API level 21)
15. Android 6.0 Marshmallow (API level 23)
16. Android Noughat / Android N  (API level 24)
17. Android Oreo / Android O (API level 25)
18. Android Pie / Android P (API level 28
19. Android Q (Masih versi beta) (API level 29)

Toko Aplikasi Android

Setelah kita membuat aplikasi android menggunakan Android Studio, kita harus memiliki akun developer terlebih dahulu agar nantinya aplikasi android yang sudah kita buat bisa diupload (unggah) ke playstore dan diunduh oleh banyak orang (user/ pengguna aplikasi).

Aplikasi Google playstore yang sering kita temukan pada ponsel android adalah  toko aplikasi resmi dari Google untuk aplikasi-aplikasi android.

Mulai dari aplikasi gratis ataupun berbayar dengan kategori game, edukasi, produktif dan banyak lagi aplikasi lainnya ada di Google Playstore. Meskipun untuk mendownload aplikasi android sebenarnya bisa juga dilakukan pada toko aplikasi : opera mobile store, amazon store, mobogenie, dan banyak lainnya.

Komentar